intercafe_ipb@apps.ipb.ac.id +62 251-8377896

Kajian Ke-ekonomian Platform Bisnis E-PAS PT. PUSRI (PUSRI Chain Model)

Menghadapi berbagai perubahan lingkungan bisnis baik internal maupun eksternal seperti revolusi industri 4.0 dan marketing 4.0 yang menyebabkan persaingan semakin kompetitif, model bisnis PT. PUSRI beradaptasi dengan membuat Platform Bisnis Ekosistem di Bidang Agribisnis (Program Transformasi Bisnis E-PAS). Tujuan kajian ini adalah (1) menganalisis berbagai aspek yang berperan penting dalam bisnis PT. PUSRI yang meliputi Aspek Pasar, Aspek Teknis (Teknologi Informasi, Logistik, dan Sistem Pembayaran), Aspek Ekonomi, Aspek Mitra Afiliasi, Aspek Organisasi dan SDM, Aspek Legal, Aspek pengembangan, dan Aspek Manajemen Resiko dilihat dari internal dan eksternal perusahaan, (2) Menganalisis kelayakan investasi dari Program Transformasi Bisnis (Platform Bisnis E-PAS) PT. PUSRI, dan (3) Rekomendasi kebijakan dalam pengembangan Platform Bisnis E-PAS PT. PUSRI.
Penelitian dilakukan di Jakarta, Palembang, Riau, dan Sumatera Utara yang merupakan kantor pusat, maupun kantor/pabrik terkait bisnis PT. PUSRI, serta benckmarking dari perusahaan sejenis. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder yang berasal dari stakeholders terkait seperti PT. PUSRI, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, BPS, dan mitra afiliasi seperti PT. Sanghyang Sri, PT. Croplife Indonesia, Sygenta, PT. Samudera Indonesia, Bukalapak, dan lainnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif kualitatif serta analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif berupa analisis kelayakan investasi yang meliputi Net Present Value (NPV), Net B/C, Internal Rate of Return (IRR), Payback Period, dan Analisis Sensitivitas.
Berdasarkan kajian berbagai aspek non finansial Platform Ekosistem PT PUSRI memiliki prospek yang baik/layak untuk dijalankan. Pada aspek finansial, melalui platform ini, perusahaan akan memperoleh penerimaan yang meningkat bahkan secara eksponensial. Namun demikian agar dapat terlaksana dengan baik dan memberikan prospek yang baik, terdapat beberapa catatan yang harus menjadi perhatian organisasi termasuk pimpinan. Pertama, produk yang ditawarkan memiliki keunikan dan memberikan nilai tambah. Kedua, pemahamam dan komitmen organisasi terhadap ekosistem platform harus sama. Ketiga, pengelolaan (organisasi) platform harus terpisah dengan struktur organisasi PT PUSRI yang ada saat ini, dan pengelolaan harus FOKUS, PROFESIONAL, EFISIEN, dengan dukungan SDM yang KOMPETEN. Keempat, bisnis ekosistem platform ini harus dilakukan secara bertahap, misalnya target pasar mana dulu yang akan diprioritaskan. Kelima, kerjasama dan komitmen yang kuat dari para mitra yang akan terlibat dalam platform. Keenam, sosialisasi dan strategi yang tepat untuk setiap segmen pasar yang berbeda. Untuk faktor yang Keenam ini perlu kajian yang spesifik dan sistematis untuk setiap segmen pasar.

Name of Client

PT PUSRI

Key Person / Organized by

Dr. Tanti Novianti

Contact Person

email: intercafe_ipb@apps.ipb.ac.id, phone/fax: +62 251-8377896, +62 251-8348903