Inter CAFE

International Centre for Applied Finance and Economics

Posted by admin on December - 11 - 2013 0 Comment

Menjadi universitas bertaraf internasional merupakan salah satu target Institut Pertanian Bogor sebagaimana tertuang dalam rumusan visi IPB yaitu “ Menjadi Perguruan Tinggi Berbasis Riset, Bertaraf Internasional dan Penggerak Prima Pengarusutamaan Pertanian”. Visi tersebut tentunya merupakan cita-cita yang patut diwujudkan. Dalam mencapai cita-cita tersebut, maka Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen bekerjasama dengan InterCAFE LPPM IPB bermaksud untuk melaksanakan acara Grand Launching Software Ekonometrika “TrickytrêêX”yang telah dikembangkan oleh Dr. Iman Sugema sebagai staf dari kedua instansi tersebut. Software tersebut merupakan software ekonometrika pertama yang dikembangkan di Indonesia dan bahkan di Kawasan Asia.
Penggunaan software dalam analisis ekonometrika mutlak dibutuhkan. Saat ini sudah cukup banyak program-program komputer ekonometrika berbayar yang tersedia dikalangan pengguna (para peneliti, staf pengajar maupun mahasiswa). Salah satu kelemahan program-program tersebut adalah tidak membantu pengguna dalam memahami konsep yang ada dalam pemodelan ekonometrika. Pemahaman dalam mendapatkan hasil analisis ekonometrika merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh pengguna, sehingga hal tersebut tidak menjadikan pengguna hanya sebagai “user” tetapi menjadi “smart user” yang memahami bagaimana proses dalam menentukan hasil analisis ekonometrika. Software Ekonometrika “TrickytrêêX” berupaya untuk mengatasi kelemahan tersebut.
Software “TrickytrêêX” dirancang dengan memanfaatkan fasilitas add-ins pada microsoft excel yang sudah sangat familiar bagi kalangan pengguna komputer. Hal tersebut membuat software ini menjadi sangat mudah dioperasikan bahkan bagi pengguna yang sama sekali baru. Menu input dan transformasi data menggunakan operasi sederhana didalam excel yang sangat mudah. Software ini kompatibel untuk versi microsoft excel 2007 keatas. Kapasitas pemrosesan data didalam microsoft excel 2007 dan terbaru yang sudah cukup besar, yaitu lebih dari satu juta record turut menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk menggunakan program ini. Dengan begitu diharapkan kehadiran “TrickytrêêX” dapat lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan untuk membantu proses pengolahan data dalam penelitian.
Program ini didukung oleh fasilitas help dan user guide yang akan selalu di update sesuai dengan perkembangan. Selain itu penggunaan operasi matriks pada worksheet excel membuat “TrickytrêêX” dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mereka yang ingin mempelajari ilmu ekonometrika secara lebih mendalam. Sehingga software ini diharapkan mampu menghasilkan peneliti-peneliti yang lebih mumpuni dalam memahami ekonometrika. Program aplikasi ekonometrika yang telah ada sebelumnya seringkali membuat penggunanya justru terlena dan tidak termotivasi untuk memahami metode ekonometrik yang digunakannya sendiri. Dengan menggunakan dasar operasi microsoft excel, data asli akan selalu “visible” dan mudah untuk ditransformasikan ke bentuk lain sekaligus diinterpretasikan. Dengan kata lain, software “TrickytrêêX” bukan hanya sebagai pengolah data, akan tetapi dapat dijadikan juga sebagai media pembelajaran untuk memahami apa yang ada dibalik pengolahan data tersebut, sehingga dengan memahami apa yang ada didalam software ini diharapkan mampu menghilangkan black box yang selama ini sering terjadi, karena itulah tagline yang dimunculkan adalah “Software for Education Econometric”. Sistem pendistribusian yang bersifat freeware menjadi keunggulan tersendiri pada “TrickytrêêX”. Dengan keunggulan keunggulan inilah diharapkan kedepannya software ini akan dapat bersaing dengan berbagai software pengolahan ekonometrika yang sudah ada.
Nama “TrickytrêêX” sendiri merupakan singkatan dari istilah-istilah simbol umum ekonometrika seperti Time Residual, Individu, Constanta, Parameter(k), Dependent Variabel(y), sum square(e2) dan Independent Variabel(X). Selain itu pernggunaan kata “tree” pada nama “TrickytrêêX” merujuk pada logo IPB sendiri sebagai tempat bernaung tim pengembang software.

Download https://www.dropbox.com/s/tahj5ebjuerxfvr/Trickytreex-alpha.7z

Categories: Uncategorized

Leave a Reply


  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube